Kamis, 30 Agustus 2018

Cara Mudah Factory Reset di Semua HP Android Samsung

Cara Factory Reset di HP Android Samsung - Samsung merupakan sebuah vendor teknologi asal Korea Selatan yang sampai saat ini masih ramai dengan peminat di segala lini mulai dari segmen low end, kelas menengah sampai di kelas high end. Hal tersebut tak terlepas dari fitur dan spesifikasi mumpuni yang ditawarkan oleh setiap produk besutan Samsung. Akan tetapi walau fitur dan spesifikasi mumpuni sudah dapat ditemukan didalamnya, tetap saja terkadang ada beberapa masalah yang dialami oleh pengguna product Samsung.

Salah satunya adalah tampilan yang tidak sempurna karena diakibatkan kekeliruan dalam hal melakukan pengaturan, terdapatnya aplikasi yang dipasang secara manual dan tidak bisa dihapus setelah pemasangan, pengoperasian ponsel terlalu berat setelah penggunaan beberapa lama dan sebagainya. Untuk mengatasinya factory reset dapat dilakukan. Lantas bagaimana caranya? 

Berikut kami akan berikan tips dan trik melakukan factory reset di semua HP android Samsung yang dapat Anda coba!

Cara Mudah Factory Reset di Semua HP Android Samsung

Tips dan Trik Factory Reset di Semua HP Android Samsung 

Factory reset ini merupakan sebuah cara mudah yang dilakukan untuk mengembalikan semua pengaturan ponsel pada posisi awal atau dengan kata lain untuk membuat ponsel kembali dalam kondisi baru seperti ketika pertama kali dibeli. 

Hanya saja dampaknya setelah factory reset dilakukan semua data atau aplikasi yang tersimpan pada memori internal smartphone dapat terhapus secara permanen. Karena itu sebelum melakukan factory reset sangat dianjurkan agar Anda melakukan backup semua data – data penting didalamnya. Untuk menerapkan factory reset sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya :

Factory reset melalui menu pengaturan setting

Cara yang pertama ini tergolong cara yang paling mudah dalam melakukan teknik hard reset atau factory reset. Untuk melakukannya Anda bisa ikuti panduan berikut ini yaitu :
  • Pertama – tama Anda harus buka menu settings atau pengaturan atau setelan.
  • Selanjutnya menu tersebut terbuka kemudian gulirkan ke bawah dan buka menu backup and reset dan tap pada pilihan factory data reset.
  • Tap lagi pada reset device
  • Konfirmasikan pilihan Anda dengan menekan Ok atau yes. Nantinya secara otomatis ponsel Anda akan melakukan proses restart.
  • Proses reset akan butuh waktu kurang lebih sekitar 5 – 10 menit. Jadi tunggulah dengan sabar dan jangan sampai ada proses yang Anda cancel karena kurang sabar menunggu.

Factory reset melalui dial pad 

Cara mudah factory reset di semua HP android Samsung selanjutnya yang dapat Anda terapkan yaitu melalui metode factory reset. Proses hard reset yang kedua ini merupakan cara paling mudah yang dapat Anda lakukan karena nantinya Anda hanya perlu buka pada menu dial pad atau papan telepon kemudian Anda perlu masukkan kode rahasia ke dalamnya. Langkah – langkahnya melakukan metode factory reset dengan cara ini sebagai berikut :
  • Pertama – tama Anda buka menu phone untuk memasukkan nomor telepon.
  • Setelah itu tekan kode rahasia *#*#7780#*#* dan tekan call atau panggil.
  • Nantinya akan Anda temukan sebuah box kecil yang memunculkan suatu konfirmasi dan jika Anda temukan bagian konfirmasi tersebut tinggal Anda tekan Ok atau Yes.
  • Ponsel akan secara otomatis melakukan proses restart. Jangan sampai ada proses penghentian paksa dan biarkan berjalan apa adanya.
  • Proses ini biasanya butuh waktu 5 – 10 menit dan tunggu sampai selesai.

Factory reset melalui recovery mode

Recovery mode ini merupakan suatu menu yang disediakan oleh penyedia atau vendor untuk memberikan berbagai macam akses kepada pengguna untuk melakukan berbagai macam cara dan metode pengaturan secara khusus. Salah satunya tentu untuk melakukan factory reset. Langkah – langkah factory reset di semua HP android Samsung dengan metode ini yaitu :
  • Pertama – tama Anda perlu nonaktifkan atau matikan perangkat Samsung android sampai off atau mati total.
  • Kemudian tekan tombol fisik secara bersamaan yang meliputi tombol “Home + Volume atas + Power”. Tekan sampai Anda rasakan getaran baru kemudian Anda lepaskan.
  • Selanjutnya Anda pilih menu “Wipe data / Factory reset”.
  • Pilih yes – delete all user data kemudian tekan tombol power untuk mengonfirmasikan pilihan.
  • Tunggu selama beberapa saat sampai proses dari penghapusan data selesai secara total. Selanjutnya pilih menu reboot system now dan selesai. 

Itulah langkah – langkah dan cara mudah factory reset di semua HP android Samsung yang Anda harus terapkan jika ingin menerapkan factory reset. Selamat mencoba!
Ads


EmoticonEmoticon