Selasa, 31 Juli 2018

Cara Mengatasi HP Yang Mati Karena Terendam Air

Sponsored Links
Cara Mengatasi HP Yang Mati Karena Terendam Air - Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sat ini handphone atau HP telah menjadi salah perangkat yang sangat populer, bahkan seolah handphone telah menjadi suatu kebutuhan yang wajib dimiliki oleh sebagian masyarakat yang hidup di jaman modern ini.

Hal tersebut sebenarnya tidaklah mengherankan karena saat ini handphone tidak lagi hanya bisa digunakan sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga bisa digunakan untuk berbagai macam hal yang sangat  beragam mulai dari hiburan hingga membantu pekerjaan.

Terlebih lagi saat ini handphone telah dibekali dengan berbagai macam teknologi terkini yang canggih seperti misalnya layar yang lebar, kamera beresolusi tinggi, prosesor canggih, dan berbagai teknologi canggih lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Touchscreen Android Kurang Sensitif

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, namun ternyata handphone juga memiliki kekurangan seperti layaknya produk elektronik lainnya yakni mudah rusak jika terkena air.
Cara Mengatasi HP Yang Mati Karena Terendam Air

Cara Mengatasi HP Yang Mati Karena Terendam Air

Jika handphone Anda mati karena terendam air tentu akan menjadi masalah besar, pada kesempatan ini akan kami ulas cara mengatasi HP yang mati karena terendam air.

1. Segera Keluarkan Handphone dari Dalam Air

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi handphone yang terendam air adalah dengan segera mengeluarkannya dari dalam air. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan dengan cepat sebelum air masuk ke bagian dalam handphone untuk menghindari kerusakan yang lebih parah sebab handphone merupakan sebuah perangkat elektronik yang tentu saja akan sangat rentan terhadap air.

2. Jangan Cabut Handphone Yang Terhubung Dengan Listrik

Resiko terendam di dalam air memang bisa terjadi kapan saja, termasuk pada saat Anda sedang melakukan pengisian daya baterai. Jika handphone Anda terendam di dalam air pada saat melakukan pengisin daya, maka Anda tidak boleh mencabut handphone dari sumber listrik karena hal ini sangatlah berbahaya di mana Anda bisa saja tersengat listrik, akan lebih baik jika Anda mematikan sikringnya.

3. Segera Mengeringkan Handphone

Setelah handphone dikeluarkan dari dalam air, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah segera mengeringkan perangkat tersebut. Hal ini juga harus cepat Anda lakukan dengan tujuan agar rembesan air tidak sampai merusak komponen lainnya yang ada di bagian dalam handphone, Anda bisa menggunakan handuk yang lembut ataupun tisu untuk menyerap air yang merembes.

4. Cabut SIM dan Micro SD

Jika handphone terendam air, maka Anda harus segera mencabut kartu SIM dan micro SD, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menyelamatkan data - data Anda yang tersimpan di dalamnya. Meskipun pada umumnya kartu SIM dan micro SD adalah komponen eksternal yang tahan air, namun sebaiknya Anda tetap mencabutnya sebagai tindakan preventif agar Anda tidak kehilangan data.

5. Menggunakan Bahan Penyerap Air

Setelah Anda mencabut kartu SIM dan micro SD, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari bahan penyerap air untuk mengeringkan handphone. Anda bisa menggunakan berbagai macam bahan yang mampu menyerap air, seperti misalnya beras ataupun gel silica. Anda bisa menyimpan handphone di dalam beras atau gel silica dan membiarkannya semalaman.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi

Apabila handphone yang Anda miliki terendam air, maka Anda bisa melakukan beberapa cara yang ada di atas untuk mengatasinya.
Advertisements


EmoticonEmoticon