Selasa, 31 Juli 2018

Cara Mencegah Malware Masuk ke Android yang Harus Anda Ketahui

Cara mencegah malware | Selain terhadap komputer, virus dan malware adalah salah satu masalah yang banyak dikeluhkan oleh para pemakai Android. Selain bisa merusak data, dan mencuri data, malware ini biasanya juga bisa merusak komponen software kita, oleh karena itu maka tidak heran bila saat ini banyak para pengembang Smartphone terus mencari cara untuk membuat sebuah Aplikasi yang bisa membunuh virus dan Malware dengan cepat.

Tetapi sayangnya semakin canggih sebuah aplikasi anti virus, para penjahat cyber juga tak kalah kreatif dalam membuat virus dan malware sehingga tidak terdeteksi sebagai virus. Mereka menciptakan sebuah malware dan virus dengan menjadikannya sebagai bagian dari sebuah Aplikasi. 

Nah, dengan teknik ini sangat mustahil untuk aplikasi anti virus mendeteksinya sebagai virus. Yang menjadi pertanyaan bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Diperbarui Terbaik

Cara Mencegah Malware Di Android

Berikut ini kami sudah menyiapkan beberapa tips cara mencegah malware agar tidak menginfeksi smartphone. Mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.
Cara Mencegah Malware Masuk ke Android
Cara Mencegah Malware Masuk ke Android

Waspada Dengan Aplikasi Pihak Ketiga (untrusted Application)

Hal penting yang harus anda lakukan sebagai cara mencegah malware dan virus yang menginfeksi perangkat smartphone anda yaitu dengan cara selektif terhadap aplikasi dari pihak ketiga. Hal ini karena aplikasi pihak ketiga kerap dipakai oleh para Hacker dan penjahat cyber untuk menginfeski smartphone. Oleh karena itu sebelum mendownload aplikasi dari pihak ketiga ada baiknya telusuri terlebih dahulu rekam jejak mereka di Internet, bila testimoni mereka positif maka anda dapat mendownload aplikasi tersebut.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Pemberitahuan Berita UC Browser 100% WORK

Instal Aplikasi Anti Virus FortiGuard di smartphone Anda

Merasa prihatin dengan berbagai malware dan virus yang kerap menginfeksi smartphone Android, akhirnya FortiGuard Mobile merelease sebuah aplikasi anti virus yang dapat menjaga android anda dari serangan virus. Yang menarik dari aplikasi FortiGuard Mobile ini yaitu bisa didownload secara gratis. Walaupun tidak 100% menjaga android anda, tetapi paling tidak dengan anti virus ini ada sebuah peringatan untuk anda bila terdapat sesuatu yang mencurigakan baik itu malware atau virus didalam smartphone. Nah, oleh karena itu untuk mengantisipasi infeksi virus dan malware ada baiknya anda menginstall aplikasi FortiGuard Mobile ini.

Waspadalah Saat Menginstall Aplikasi

Tips selanjutnya untuk menjaga smartphone dari infeksi virus yaitu dengan cara selektif dalam menginstall aplikasi. Pada umumnya Malware dan Virus kerap menyamar menjadi sebuah aplikasi yang terpecaya untuk mengambil semua data Internal di smartphone anda. Oleh karena itu saat akan menginstall sebuah aplikasi, ada baiknya anda membaca secara detail apa yang mereka pinta, bila mereka meminta akses no rekening anda, maka batalkan saja untuk menginstal aplikasi tersebut

Mengenali Virus atau Malware Smartphone

Cara mencegah malware yang terakhir yaitu dengan mengenali rekam jejak malware dan virus yang kerap menginfeksi Smartphone, biasanya di Internet terdapat banyak forum yang membahas tentang cara virus dan malware mengisnfeksi sebuah gadget. Nah, bila memungkinkan ada baiknya anda ikut dalam forum tersebut, selain menambah pengetahuan anda juga bisa lebih memahami kinerja virus dalam menginfkeksi smartphone.

Demikianlah artikel singkat yang menjelaskan tentang tips cara mencegah malware dan virus agar tidak mudah menginfeksi smartphone. Semoga apa yang sudah disampaikan diatas ada manfaatnya, dan jangan lupa untuk di share pada teman-teman yang lain juga yah. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon