Kamis, 26 Juli 2018

Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Sponsored Links
Cara kalibrasi baterai android tanpa root | Baterai adalah komponen terpenting untuk semua jenis handphone, mulai dari yang jadul hingga terbaru pasti tidak bisa di pisahkan satu sama lain. Baterai memiliki peran yang sangat vital yaitu untuk penyuplai energi listrik kedalam komponen smartphone. Bila di ilustrasikan sebagai manusia, bisa di artikan baterai merupakan makanan, sehingga kalau tidak makan maka manusia akan mati, begitu juga smartphone.

Saat ini smartphone terus di kembangkan dengan teknologi yang semakin baik sehingga fiturnya menjadi lebih canggih. Oleh karena itu, tidak heran bila banyak orang yang mulai meninggalkan komputer dan lebih menggunakan smartphone sebagai penggantinya. Salah satu contoh, misalnya streaming video sekarang bisa dilakukan di smartphone, sehingga banyak orang yang lebih memilih streaming lewat smartphone daripada laptop atau PC.

Akan tetapi, ada satu masalah yang kerap terjadi dalam pemakaian smartphone itu sendiri, masalah tersebut yakni daya tahan baterai. Sekarang ini banyak gadget yang beredar dipasaran dengan spesifikasi tingkat tinggi tetapi batrenya hanya dapat bertahan beberapa jam saja. Walaupun kini sudah banyak smartphone yang memilik baterai berkapasitas besar, tetap saja tak mampu bertahan lama ketika di gunakan secara terus menerus.

Masalah lainnya yang kerap terjadi pada baterai yaitu cepat habis dan terkadang error. Baterai yang telah lama dipakai sering mengalami gangguan, berbeda saat pertamakali beli, yang nampak lancar tanpa masalah.

Baca Juga: Cara Hemat Baterai Xiaomi MIUI 7,8,9 Semua Seri 2018

Tetapi masalah ini dapat kita minimalisir, dengan cara kalibrasi baterai android tanpa root, dengan teknik ini setidaknya baterai bisa kembali normal. Namun bila di kalibrasi tidak berhasil karena kondisi baterai yang sudah terlalu parah, maka anda harus membeli baterai baru yang original.

Cara kalibrasi baterai android tanpa root

Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual

Nah, untuk anda yang ingin mengkalibrasi baterai dengan cara manual, dapat mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.
  • Charge Smartphone sampai terisi penuh 100% dalam kondisi menyala, setelah penuh matikan smartphone anda.
  • Setelah Smartphone dimatikan, charge kembali smartphone anda hingga penuh. Perhatikan layarnya, indikator akan menunjukkan warna hijau atau 100% bila baterai penuh.
  • Selanjutnya hidupkan kembali smartphone anda, kemudian charge kembali hingga penuh 100%.
  • Kemudian gunakanlah smartphone android anda untuk beraktifitas seperti  streaming, instagram, bermain game dan sebagainya hingga dayanya menjadi lemah dan mati dengan sendirinya.
  • Setelah mati, diamkan smartphone selama 10 sampai 15 menit.
  • Langkah selanjutnya charge kembali smartphone anda sampai penuh dalam keadaan mati. Ingat, jangan di hidupkan sebelum baterai 100%.
  • Setelah baterai full 100% , anda bisa menghidupkannya kembali.
Dengan cara kalibrasi baterai android tanpa root diatas, baterai android anda sudah berhasil terkalibrasi. Ulangilah cara diatas beberapa kali hingga membuahkan hasil yang signifikan, yang terpenting adalah harus disiplin dan sabar. Namun, bila cara manual diatas terasa susah,  anda dapat mencoba aplikasi kalibrasi baterai   bernama CurrentWidget, Battery Monitor. Anda tinggal instal aplikasinya dan ikuti step-stepnya maka baterai akan terkalibrasi secara otomatis.

Baca Juga: Maksud Baterai Non Removable HP dan Bedanya dengan Removable!

Nah, demikianlah ulasan singkat cara kalibrasi baterai android tanpa root yang bisa anda coba. Bila anda ada teknik lain yang lebih efektif, jangan sungkan untuk share pada kolom komentar dibawah yah. Semoga bermanfaat.
Advertisements


EmoticonEmoticon