Kamis, 26 Oktober 2017

Asisten Virtual Veronika, Membantu dan Memberi Solusi 24 Jam untuk Pelanggan Telkomsel

Telkomsel memperkenalkan layanan barunya pada pertengahan tahun 2017. Layanan tersebut adalah asisten virtual bernama Veronika. Menariknya, Telkomsel menjadi operator pertama dari Indonesia yang memperkenalkan layanan ini. Hal tersebut pun semakin memperkuat posisi Telkomsel sebagai provider layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia.


Hasil Kolaborasi dengan Perusahaan Internasional


Veronika - Gizmology

Asisten virtual Veronika ini dibuat dengan standar yang tinggi. Pihak Telkomsel pun bekerja sama dengan perusahaan asal Irlandia, yakni Accenture. Perusahaan ini telah memiliki reputasi besar di bidang teknologi dan digital. Bahkan, mereka menjadi salah satu perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune Global 500.

Perusahaan konsultasi teknologi, digital, dan layanan operasional ini memiliki partner bisnis yang luas. Beberapa perusahaan ternama dunia pun menjadi klien mereka. Di antaranya adalah Unilever dan Marriot. Selain itu, mereka juga tercatat menduduki peringkat ke 37 dalam daftar merek terbaik dunia yang dirilis Interbrand tahun 2016.

Bukti Perkembangan Teknologi di Indonesia

Asisten Virtual Veronika, Membantu dan Memberi Solusi 24 Jam untuk Pelanggan Telkomsel


Asisten Virtual - Brilio

Teknologi pada asisten virtual Veronika dibangun dengan berbasiskan teknologi chatbot. Teknologi ini memberi kemampuan pada sebuah perangkat lunak untuk memberikan respons sesuai dengan masukan. Chatbot kerap digunakan oleh perusahaan untuk mendelegasikan sebagian tugas. Dalam kasus Telkomel, tugas sebagai pusat informasi.

Chatbot dibangun dengan teknologi kecerdasan buatan yang memungkinkannya memilih respons yang tepat sesuai dengan jenis masukan. Chatbot kerap digunakan oleh para pemilik bisnis di era digital dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Apalagi, untuk perusahaan besar dengan jumlah pelanggan mencapai jutaaan.

Chatbot pun memiliki kemampuan yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan mesin penjawab. Jawaban yang mereka lontarkan tidak repetitif. Karena itu, terdapat beberapa peran yang kerap digunakan perusahaan besar untuk sebuah chatbot, yakni:

  1. Petugas media sosial
Banyak perusahaan yang memanfaatkan chatbot sebagai agen di akun media sosial resminya. Keberadaan chatbot selanjutnya bisa meningkatkan awareness konsumen terhadap merek sebuah perusahaan. Dalam beberapa tahun mendatang, tak menutup kemungkinan chatbot bisa memanfaatkan data para konsumen. Misalnya, menggunakan data tersebut untuk menawarkan diskon produk tertentu.

  1. Membantu proses bisnis
Terkadang, chatbot digunakan untuk membantu seorang pelanggan saat melakukan transaksi.

  1. Asisten belanja online
Hal ini dilakukan oleh layanan ecommerce besar. Mereka menyediakan chatbot yang membantu memberi informasi terkait kebijakan toko. Misalnya, berkaitan dengan pertanyaan yang sering diajukan, garansi, dan lain-lain.

  1. Panduan
Chatbot juga berguna saat sebuah perusahaan mengeluarkan layanan baru. Keberadaannya dapat dipakai untuk memberikan panduan bagi seorang pelanggan dalam menggunakan layanan baru tersebut.

Cara Menghubungi Asisten Virtual Veronika



Asisten Virtual Veronika – Tech in Asia Indonesia

Kemampuan yang dimiliki Veronika pun tidak ubahnya seperti chatbot lain. Veronika bisa dihubungi kapan saja dan di mana saja. Saat Anda baru saja bangun tidur, atau di tengah malam sekalipun. Selain itu, Veronika juga bisa dihubungi lewat berbagai jalur telekomunikasi. Di antaranya adalah Facebook Messenger, LINE, serta Telegram.

Berikut ini adalah akun asisten virtual Veronika di tiga layanan chatting tersebut:

  1. LINE                            :@telkomsel
  2. Telegram                    : @telkomsel_official_bot
  3. Facebook Messenger            : Telkomsel
Pihak Telkomsel mengungkapkan, peluncuran asisten virtual Veronika merupakan bagian dari program GraPARI Virtual. Program ini memberikan sarana yang lebih mudah kepada pelanggan Telkomsel dalam menjangkau layanan customer care. Karena menggunakan tenaga mesin, layanan ini bisa bekerja tanpa libur, 7x24 jam.

Untuk menghubungi layanan asisten virtual ini, tentu saja Anda membutuhkan koneksi internet. Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan paket internet Telkomsel. Cara mendapatkan paket internet dari provider telepon terbesar tanah air ini pun sangat mudah. Bisa dilakukan secara online, misalnya lewat Traveloka.

Cara membeli paket internet Telkomsel sangat praktis. Anda bisa secara langsung mengunjungi situs Traveloka.com. Untuk para pengguna perangkat mobile, bisa lebih ringkas. Tersedia versi aplikasinya yang dapat diunduh secara gratis, untuk pengguna ponsel Android dan iPhone.
Terdapat berbagai pilihan paket internet Telkomsel yang bisa Anda temukan. Anda bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan. Tersedia paket data 25 ribu hingga 200 ribu. Setelah melakukan pembayaran, paket internet akan diterima dalam waktu singkat.

Informasi Apa Saja yang Bisa Diperoleh dari Asisten Virtual Veronika?

Asisten Virtual Veronika, Membantu dan Memberi Solusi 24 Jam untuk Pelanggan Telkomsel

Asisten Virtual Veronika – CNN Indonesia
Banyak informasi yang bisa didapatkan dari asisten virtual ini. Pihak Telkomsel mengungkapkan, total ada 29 jenis informasi yang bisa diperoleh pelanggan lewat layanan Veronika. Termasuk di antaranya adalah informasi mengenai lokasi GraPARI terdekat, paket utama yang tengah diaktifkan, PUK pelanggan, informasi tagihan, ataupun layanan hiburan.

Karena komunikasi berlangsung lewat aplikasi chatting, pelanggan menyampaikan pertanyaannya lewat pesan. Hanya saja, Veronika memiliki keterbatasan dalam pemakaiannya. Para pelanggan Telkomsel tidak bisa mengajukan keluhan lewat layanan ini. Jadi, keberadaan layanan konsumen dengan tenaga manusia masih tak bisa sepenuhnya dihilangkan.

Pihak Telkomsel mengungkapkan, mereka akan terus mengembangkan kemampuan asisten virtual ini. Tak menutup kemungkinan, Veronika bakal mampu menjawab setiap pertanyaan dan keluhan yang diajukan pelanggan dalam beberapa tahun mendatang. Kita tunggu saja, ya!

Ads


EmoticonEmoticon